Minggu, 26 November 2017

Bikin paspor baru di Kantor Imigrasi Padang..

Assalamualaikum

Saya akan bercerita pengalaman bikin paspor baru di Kantor Imigrasi Padang.

Sebelumnya, saya sudah menyiapkan dokumen pembuatan paspor, yaitu KTP, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran (kalo ga punya akte lahir, bisa diganti dengan Ijazah Terakhir). Semuanya asli dan di fotocopy masing masing 1 lembar. Karena KTP saya bukan domisili Padang, saya menyiapkan Surat Keterangan Kerja dari kantor untuk jaga jaga siapa tau butuh dokumen pendukung.

Pagi sekitar jam 6, saya di jemput Rani teman kantor kekosan untuk berangkat bareng ke Kantor Imigrasi yang berada di jalan khatib sulaiman. Kantor Imigrasi nya sendiri buka jam 8, tapi dari jam 5 subuh orang sudah mulai antri. Saat kami tiba, sudah ada antrian sekitar 20 orang. Kami masuk barisan antrian, dalam satu jam saja antrian di belakang kami sudah mengular panjang hingga ke pagar depan Kantor Imigrasi. Saya memperhatikan, banyak orang yang baru datang tidak masuk antrian dan berdiri acak di dekat pintu masuk kantor imigrasi dan benar saja saat jam 8 teng pintu imigrasi di buka dari dalam oleh petugas, orang orang yang berdiri acak di depan tadi langsung menyerobot masuk dan mengambil tempat duduk bagian depan. Kami yang sudah antri dari beberapa jam yang lalu, bahkan mereka yang udah datang dari subuh, mendapatkan tempat duduk di belakang mereka yang baru datang. Duhh bener bener yaa, budaya antri memang masih belum tertanam di diri masing masing.

Satpam mulai membagikan nomor antrian, memanggil orang satu persatu berdasarkan antrian awal, saat di panggil dokumen di cek dan di minta berfoto di sebuah mesin seperti di bank, yang foto nya nanti akan terpampang di layar saat nomor antrian kita di panggil. Saya mendapat nomor antrian 38 dan Rani nomor 37.

Sekitar jam 10 an, tiba panggilan nomor antrian 38, saya membawa map berisi dokumen menuju meja petugas imigrasi, saya di layani seorang wanita berjilbab dan ramah. Dia mengecek dokumen dan menanyakan apa keperluan saya mengurus paspor. Saya menjawab untuk liburan kantor. Dokumen asli saya di kembalikan. Surat keterangan kerja pun juga di balikin, katanya saya ga perlu dokumen pendukung. Alhamdulillah

Disuruh duduk lagi dan nunggu panggilan buat ambil foto paspor, sekitar 40 menit an nomor antrian saya di panggil untuk masuk ke ruang foto. Hari itu saya memakai baju berwarna putih polos, bener bener ga kepikiran kalo bakal foto dengan latar belakang warna putih (padahal udah sering banget liat dan ngecek paspor orang yang ngurus visa di kantor duhh..), saya di pinjamin blazer berwarna hitam oleh petugas imigrasi, kayaknya mereka memang nyediain, karena saya lihat ada beberapa jas dan blazer berbagai ukuran. Kelar foto beberapa kali shoot, akhirnya kata bapaknya udah bagus, di suruh scan sidik jari di mesin, selesai dan si bapak ngasih kertas print an untuk pembayaran Rp 355.000,-  harus dilakukan di Bank BNI, tidak ada transaksi duit di kantor imigrasi. Disuruh datang 3 hari lagi untuk pengambilan paspor.

Oke beres, saya dan Rani keluar kantor imigrasi sekitar pukul 11 siang, kami langsung menuju Bank BNI untuk membayar biaya pembuatan paspor. Tiba di bank, kayak biasa aja sih ambil antrian teller dan tunggu panggilan, bayar Rp 355.000,- dan dikasih bukti pembayaran oleh si mbak teller. Dari bank, kami langsung menuju kantor.

Ternyata bikin paspor baru itu mudah asalkan dokumen lengkap dan data sinkron satu sama lain, setengah hari aja kelar kok.


Tiga hari kemudian..

Saya dan Rani datang ke kantor imigrasi sekitar jam 10 an, antrian pengambilan paspor lumayan ramai, kami dapat antrian nomor 60 an, nomor kami di panggil sekitar jam 1 an, kasih bukti pembayaran dan tunggu lagi nama kita di panggil, karena paspor nya dicariin dulu. Sekitar 15 menit, akhirnya paspor di tangan, beresss.

Kantor Imigrasi Padang pelayanannya bagus dan juga mempermudah orang yang memiliki KTP luar kota Padang.

Sampai ketemu di postingan selanjutnya ya.

Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singapura dengan sejuta cerita.. (Part 2)

Assalamualaikum... Maafkan saya ya, karena part 2 yang berjeda cukup lama. Mari kita lanjut cerita hari kedua. Day 2 : 10 Febr...